Teori Lampiran beserta jenis-jenisnya

Teori lampiran adalah bidang psikologi yang menggambarkan sifat keterikatan emosional antara manusia. Itu dimulai ketika anak-anak dengan ikatan kita dengan orang tua kita. Sifat dari keterikatan ini, dan seberapa baik keterikatan dan kepeduliannya, kemudian akan menentukan sifat keterikatan kita dengan pasangan romantis di kemudian hari.

JENIS LAMPIRAN

Menurut psikolog, ada empat strategi kemelekatan yang diadopsi orang: aman, cemas, menghindar, dan menghindar-cemas.2

Aman: Orang dengan strategi lampiran aman merasa nyaman menunjukkan minat dan kasih sayang. Mereka juga merasa nyaman sendirian dan mandiri. Mereka mampu memprioritaskan hubungan mereka dengan benar dalam kehidupan mereka dan cenderung menarik batasan yang jelas dan menaatinya. Jenis lampiran yang aman jelas membuat pasangan romantis terbaik, anggota keluarga, dan bahkan teman. Mereka mampu menerima penolakan dan terus maju meski ada rasa sakit, tetapi juga mampu setia dan berkorban saat diperlukan. Mereka memiliki sedikit masalah dalam mempercayai orang yang dekat dengan mereka dan dapat dipercaya sendiri. Menurut penelitian, lebih dari 50% populasi adalah tipe lampiran aman. Lampiran aman dikembangkan pada masa kanak-kanak oleh bayi yang secara teratur memenuhi kebutuhan mereka, serta menerima banyak cinta dan kasih sayang.

Teori Kehidupan
Teori Kehidupan

KONFIGURASI HUBUNGAN

Jenis lampiran yang berbeda cenderung mengonfigurasikan diri ke dalam hubungan dengan cara yang dapat diprediksi. Tipe aman mampu berkencan (atau menangani, tergantung pada perspektif Anda) tipe cemas dan menghindar. Mereka cukup nyaman dengan diri mereka sendiri untuk memberikan semua jenis jaminan yang mereka butuhkan dan memberikan tipe penghindaran ruang yang mereka butuhkan tanpa merasa terancam.

2 thoughts on “Teori Lampiran beserta jenis-jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.